Pelatihan dan Pengembangan Potensi Guru dan Murid Sekolah Luar Biasa

Acara dilaksanakan pada tanggal 08 Pebruari 2020 di Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakt (LP2M) Universitas Jember.  Acara ini bertema “Pelatihan dan Pengembangan Potensi Guru dan Murid Sekolah Luar Biasa” dengan sasaran Guru, Murid dan Walimurid Sekolah Luar biasa di Jember. Acara dibuka oleh Ketua LP2M, Prof. Ahmad Subagio, M.Agr., Ph.D. didampingi Dr. Purwowibowo, M.Si sebagai Peneliti disabilitas di Jember. Materi yang diberikan dalam penelitian ini ada dua bagian.

Pertama, pengenalan model pembelajaran komunikasi total. Guna memberikan wawasan kepada guru SLB dan orang tua mengenai model komunikasi total dengan anak difabel. Komunikasi total sebagai media solusi untuk menjembatani permasalahan yang selama ini muncul dalam pola pembelajaran anak disabilitas.

Kedua, teori pembuatan kue dan makanan berbahan tepung mocaf dan beras singsaras sebagai produk unggulan universitas Jember. Kegiatan sesi kedua dilakukan dengan 2 tahap meliputi pengenalan produk dan praktek pembuatan kue dan makanan.

Penjabaran sesi pertama, materi yang diberikan adalah pengenalan model pembelajaran komunikasi total. Selain itu pemateri juga mengenalkan buku yang dapat menjadi panduan guru dan orang tua berkomunikasi dengan anak difabel. Buku yang berjudul “mengenal pembelajaran komunikasi total bagi anak tunarungu”. Selanjutnya, ada sesi tanya jawab dari peserta ke pemateri. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan yang ingin diketahui mengenai model komunikasi yang baik dengan anak difabel. Penjabaran pada sesi kedua materi yang diberikan adalah teori pembuatan kue dari tepung mocaf. Tepung mocaf berbahan dasar singkong. Dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti tepung terigu dan tepung beras untuk membuat kue. Setelah materi, acara selanjutnya adalah praktek membuat kue brownies kukus dan kerupuk dari tepung mocaf dan nasi goreng dari beras singsaras. Selama praktek berlangsung, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai tepung mocaf. Peserta juga dipersilahkan ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan kue brownis dan membuat kerupuk yang berbahan dasar tepung mocaf.

Keatas