TINGKATKAN KINERJA JURNAL, UNIVERSITAS JEMBER MELAUNCHING RUMAH JURNAL UNEJ

Dalam rangka peningkatan kinerja dan layanan jurnal di lingkungan Universitas Jember, UNEJ telah mealaunching Rumah Jurnal tanggal 16 Juli 2024 di kampus Agrotechnopark Jubung oleh Warek I UNEJ, Prof. Drs. Slamin, M.Com, Ph.D.  Dalam kesempatan tersebut Prof. Slamin menyampaikan bahwa sebenarnya pelayanan perjunalan di Universitas Jember sudah dlaksanakan sejak lama dengan baik. Adanya rumah jurnal ini dapat mempercepat dan memudahkan pelayanan yang ada di jurnal universitas Jember. 

 Dalam kesempatan tersebut, hadir juga kepala LP2M, Prof. Dr. Yuli Witono. Dalam sambutan Prof. Yuli  menyampaikan bahwa Rumah Jurnal memberikan beberapa layanan, antara lain (1) pengajuan jurnal baru, (2) pengajuan aktivitasi doi, (3) pengajuan pendampingan tata kelola jurnal, (4) pengajuan pendampingan akreditasi/indeksasi global, (5) Penerbitan surat pengajuan ISSN ke BRIN. Pada saat peluncuran tersebut dilakukan demo web-site rumah jurnal dan layanan-layanan yang ada di bawahnya oleh ketua pengelola rumah jurnal, Fahmi ArifKurnianto, S.Pd., M.Pd. Web-site rumah jurnal dapat diakses di https://rumahjurnal.unej.ac.id

Dalam kesempatan tersebut, hadir 100an pengelola jurnal di lingkungan Universitas Jember. Terdapat 93 jurnal yang terdapat dalam online journal system (ojs@unej.ac.id). 36 diantaranya  sudah terakreditasi mulai S1-S5. Terdapat 2 jurnal terakreditasi S1, 3 jurnal terakreditasi S2, 12 Jurnal terakreditasi S3, 10 Jurnal terakreditasi S4, 9 Jurnal terkareditasi S5.

Secara struktur, Rumah Jurnal berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, khususnya di bawah  Pusat Publikasi dan Diseminasi (PUSKADESI), yang diketuai oleh Bevo Wahono. S Pd. M.Pd., Ph.D. Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut juga terdapat diskusi aktif dalam peningkatan kinerja jurnal. Di sampaikan oleh Sekertaris Bidang Penelitian LP2M UNEJ, Mohammad Rondhi, SP, MP, Ph.D. bahwa bahwa peningkatan kinerja jurnal dapat dilakukan melalui peningkatan kinerja manajemen, dan peningkatkan kualitas artikel. Di tambahkan bahwa kita berharap agar jurnal di lingkungan UNEJ dapat terus meningkat kinerjanya baik di level nasional (terakreditasi) maupun internasional (terindeks global). 

Keatas