Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu Membangkitkan Budaya Peduli Lingkungan Mahasiswa Universitas Jember

Jember, 21-22 November 2023: Pengelolaan sampah menjadi salah satu isu permasalahan lingkungan terbesar di Indonesia. Kurangnya kesadaran masyarakat dan belum optimalnya pengelolaan sampah yang terpadu sepertinya menjadi faktor utama dalam isu permasalahan lingkungan ini. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang peka terhadap permasalahan lingkungan ini, maka Universitas Jembersebagai kampus yang turut menerapkan pengelolaan sampah terpadu melaksanakan kegiatan Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu bagi perwakilan mahasiswa dari semua fakultas di lingkungan Universitas Jember.

Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu merupakan agenda ketiga Program Green Campus Weeks yang diselenggarakan Pusat Lingkungan Hidup dan Kebencanaan - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jember. Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu berupa serangkaian aktivitas pelatihan bertema pengelolaan lingkungan dengan metode pemecahan masalah melalui praktik dan diskusi, yang dilaksanakan selama dua hari pada 21-22 November 2023 bertempat di Kampus Bumi Tegalboto Universitas Jember dan Desa Jenggawah – Kabupaten Jember (22/11)

 

Gelora semangat peserta Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu untuk mewujudkan budaya peduli lingkungan di Universitas Jember

Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP., M.P. sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada  Masyarakat Universitas Jember membuka langsung kegiatan ini didampingi oleh Sekretaris Bidang Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Ali Badrudin, S.S., M.A. dan Koordinator Pusat Lingkungan Hidup  dan Kebencanaan Dr. drg. Banun Kusumawardani, M.Kes. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Yuli Witono,S.TP., M.P. menekankan pentingnya peran generasi muda yaitu mahasiswa dalam dalam pencegahan dan penanganan perubahan iklim, melalui pengelolaan sampah secara terpadu di lingkungan kampus Universitas Jember. Rangkaian aktivitas Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa untuk berkontribusi bagi keberlanjutan UNEJ Green Campus. Kegiatan hari pertama Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu berupa pemberian materi tentang UNEJ Green Campus dan Pengelolaan Sampah Terpadu. Selanjutnya, mahasiswa mengikuti pelatihan pengolahan sampah anorganik dan organik di Dusun Gayasan B, Desa Jenggawah dengan mempraktikkan aktivitas pemilahan, penimbangan dan pencatatan nasabah bank sampah, dan juga berlatih budidaya maggot black soldier fly (BSF) sebagai langkah biokonversi sampah organik. Pelatihan diikuti oleh 56 mahasiswa Universitas Jember, yang langsung didampingi oleh pengelola bank sampah dan pembudidaya maggot di Dusun Gayasan, dan juga tim Pusat Lingkungan Hidup dan Kebencanaan LP2M Universitas Jember. Para mahasiswa mendapatkan manfaat dari interaksi dengan komunitas penggiat lingkungan hidup untuk memperluas wawasannya. Pengalaman ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk untuk terus menjaga keberlanjutan kelestarian lingkungan di Universitas Jember dan masyarakat sekitar.

 

Kegiatan hari kedua yaitu diskusi dan presentasi mahasiswa terkait pengelolaan sampah terpadu di lingkungan kampus Universitas Jember. Mahasiswa melakukan identifikasi masalah, dasar kebijakan, memberikan solusi masalah, dan merekomendasi tindak lanjut. Selanjutnya dihasilkan beberapa rekomendasi penting antara lain:

1. Pengelolaan sampah anorganik:

  1. Penambahan jumlah tempat sampah berkriteria di semua unit kerja,
  2. Pembuatan bio-briket sebagai solusi dari pengelolaan sampah daun kering dan ranting
  3. pohon yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar,
  4. Pembuatan pupuk organik dari sampah basah maupun kering,
  5. Pengelolaan sampah organik untuk budidaya maggot BSF yang dapat menghasilkan
  6. produk pakan ternak, kompos, dan kitin/kitosan,
  7. Pengembangan biofilter untuk limbah cair domestic

2. Pengelolaan sampah organik:

  1. Penyediaan tempat sampah yang sesuai dengan kriteria,
  2. Penyediaan keran air siap minum di setiap unit kerja untuk meminimalisasi penggunaan
  3. botol plastik
  4. Pembuatan Bank Sampah yang terorganisir dengan baik
  5. Pembuatan unit kegiatan mahasiswa (UKM) untuk lingkungan hidup
  6. Penguatan kampanye peduli lingkungan di lingkungan UNEJ.

 

Penyampaian Rekomendasi oleh Perwakilan Peserta Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu

Semua rekomendasi dari kegiatan “Youth Camp Pengelolaan Sampah Terpadu” akan ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana operasional dan rancangan program kerja Pusat Lingkungan Hidup dan  Kebencanaan LP2M Universitas Jember, yang akan diimplementasikan pada tahun 2024.

 

Tim Pusat Lingkungan Hidup dan Kebencanaan LP2M Universitas Jember
Keatas