LP2M Universitas Jember Melakukan Kerjasama Dengan Holding BUMN Di Bidang Gula

Tanaman tebu merupakan satu-satunya sumber produksi gula di Indonesia. Sayangnya, budidaya tebu dan produksi gula Indonesia mengalami berbagai macam masalah dan hambatan. Produksi gula akhir-akhir ini belum mencapai masa puncak kembali seperti tahun 1930 an. Salah satu indikasi mencolok adanya permasalah di indusyri gula adalah kecenderungan volume import gula yang terus bertambah di beberapa tahun belakanagn.

Sebagai salah satu universitas bertitik fokus pada pertanian dan agroindustry, Universitas Jember melalui LP2M terus membangun kerjasama dengan semua pihak untuk mengembalikan kejayaan pertanian dan agroindustri. Salah satu kerjasama yang baru saja di lakukan penandatangan adalah dengan PTPN BUMN Holding. Penandatangan kerjasama dilaukan di Auditorium Universitas Jember pada tanggal 3 Juni 2024. Kerjasama ini meliputi eluruh bidang untuk mengembalikan kejayaan industry gula. 

Dalam sambutannya, Kepala LP2M Universitas Jember menyatakan LP2M UNEJ. Prof. Yuli Witono, Menyatakan LP2M Universitas Jember sangat siap untuk mendukung dari segi manapun yang dibutuhkan pemerintah untuk mencapai swasembada gula secepat mungkin. Telah banyak riset dan inovasi di bidang tebu yang dihasilkan oleh peneliti-peneliti unggul Universitas Jember yang beberapa diantaranya telah  siap digunakan oleh industri.

Ditambahkan oleh direktur Utama PTPN III persero, Bapak Dr. Mohammad Abdul Ghani, dalam sesi seminar menyatakan PTPN Bidang gula sangat membutuhkan inovasi-inovasi dari Universitas seperti Universitas Jember. Keterlibatan kaum muda seperti mahasiswa juga sangat dibutuhkan bagi Holding, baik dari segi keterlibatan langsung sebagai petani tebu maupun inovasi-inovasi yang lain yang mendukung swasembada tebu. Penghasilkan petani tebu di Industri gula masih cukup menjanjikan untuk kaum muda jika dilakukan pengelolaan yang baik. 

Rektor Universitas Jember, Bapak Iwan Taruna, Ph.D dalam sambutannya menyatakan jika kerjasama ini sangat sesuai dengan visi Universitas Jember. Kerjasama ini betul betul harus ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak yang bersifat Mutual benefit. Diharapkan Semua pihak di Universitas Jember perlu terlibat dalam kerjasama ini dan diharapkan MOU ini tidak menjadi Sleaping MOU, Pungkasnya

Keatas