Kampanye Kelestarian Lingkungan Wujud Nyata Aksi Universitas Jember Dalam Pengendalian Pemanasan Global

Jember, 18 Nopember 2023: Program Green Campus Weeks yang diselenggarakan Pusat Lingkungan Hidup dan Kebencanaan – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jember berlanjut pada agenda kedua yaitu “Kampanye Kelestarian Lingkungan”. Isu pemanasan global di tahun 2023 ini perlu menjadi kewaspadaan bersama karena menjadi titik tertinggi sejak tahun 2016. Copernicus sebagai lembaga pengamatan bumi Uni Eropa melaporkan rata-rata peningkatan pemanasan global mencapai 1,5oC di tahun 2023. Pengendalian emisi kendaraan, pengelolaan sampah dan pencegahan kebakaran penampungan sampah, pengelolaan limbah, efisiensi penggunaan listrik merupakan upaya menurunkan pemanasan global. Oleh karena itu, Universitas Jember sebagai kampus yang turut mempromosikan mitigasi perubahan iklim global secara berkelanjutan melaksanakan kegiatan Kampanye Kelestarian Lingkungan melalui lokakarya lingkungan hidup dan kebencanaan yang dilaksanakan di Agrotechnopark Jubung – Universitas Jember (18/11).

 

Kampanye kelestarian lingkungan dengan target luaran berupa rekomendasi pembangunan dan pengembangan sistem edukasi dan infrastruktur berbasis pengelolaan lingkungan dan kebencanaan

Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP., M.P. sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jember membuka langsung kegiatan ini didampingi oleh Sekretaris Bidang Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Ali Badrudin, S.S., M.A. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP., M.P. menekankan pentingnya internalisasi budaya lingkungan hidup bersih dan nyaman kepada semua civitas akademika Universitas Jember. Beliau menambahkan bahwa pembangunan dan pengembangan kampus harus menjaga kelestariannya dan tidak mengurangi atau mengubah kapasitas lingkungan hidup di dalamnya dalam jangka panjang. Selanjutnya, beliau memberi arahan agar Pusat Lingkungan Hidup dan Kebencanaan yang dikoordinasi oleh Dr. drg. Banun Kusumawardani, M.Kes harus menginiasi munculnya pejuang-pejuang lingkungan hidup dan kebencanaan yang selalu mengedukasi dan memberdayakan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan tangguh dalam menghadapi bencana.

 

Keatas