GUNA mendukung arah pengembangan lembaga sesuai dengan isu strategis dan paradigma perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, LP2M membentuk pusat-pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pusat-pusat itu terdiri dari:

  • Pusat Riset Unggulan, fokus kegiatan (1) mempermudah perencanan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi kegiatan penelitian untuk meningkatkan produktivitas penelitian berbasiskan RIP, (2) penelitian yang produktif dengan berorientasi pada tercapainya luaran (output) akan memberi peluang yang besar bagi pemanfaatan hasil penelitian tersebut untuk pengembangan proses pembelajaran maupun pengabdian kepada masyarakat (outcome).
  • Pusat Klinik Publikasi Ilmiah dan HKI, fokus kegiatan (1) sosialisasi peningkatan KI dan klinik KI; (2) mendorong luaran penelitian berpotensi KI; (3) penerimaan draf Paten atau laporan penelitian atau pengabdian berpotensi Paten; (4) pendaftaran KI berupa hak cipta.
  • Pusat Intermediasi dan Inovasi, fokus kegiatan (1) meningkatkan kapasitas SDM dalam menghasilkan Teknologi Inovasi; (2) meningkatkan kualitas pengelolaan program peningkatan kegiatan dan ┬áproduk inovasi; (3) mengkaji dan mempromosikan produk-produk inovasi Civitas Universitas Jember; (4) mengembangkan abletor bisnis produk inovasi; (5) mengembangkan kerjasama/kemitraan ┬ápengembangan produk inovasi UNEJ dengan stakeholder.
  • Pusat Pemberdayaan Masyarakat, fokus kegiatan (1) menyusun konsep dan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam wujud kegiatan KKN Tematik berbasis kebutuhan dan permasalahan stakeholders; (2) menyiapkan konsep dan menfasilitasi sinergisitas perngabdian masyarakat melalui pemberdayaan berbasis komunitas dan village development melalui konsep pola asuh (binaan) dan kemitraan; (3) menyiapkan homebased/data center sumber daya universitas (dosen, mahasiswa) serta produk kegiatan pengabdian dan pemberdayaan untuk masyarakat.
  • Pusat Lingkungan dan Kebencanaan, fokus kegiatan (1) mengkaji kondisi fisik dan pengelolaan tiga taman nasional (Baluran, Alas Purwo, dan Meru Betiri); (2) mengkaji pengembangan lingkungan, pemberdayaan ekonomi, dan ketahanan masyarakat terhadap bencana; (3) dokumentasi, publikasi, dan sosialisasi hasil kajian.
  • Pusat Layanan Kesehatan, fokus kegiatan (1) memberikan pelayanan kesehatan dengan pendekatan holistik, komprehensif, berkualitas, efektif, efisien, dan humanis kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat; (2) mengembangkan konsep dan sistem pelayanan, melalui penelitian dan pendidikan untuk mendukung pelayanan yang berkualitas. (*)