Visi Universitas Jember berdasarkan Renstra UNEJ tahun 2016 – 2020 adalah “Menjadi lembaga unggulan dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial”.
Visi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNEJ tahun 2016-2020 adalah “Menjadi lembaga yang terdepan dalam pengembangan dan penerapan IPTEKS bidang pertanian industrial, perkebunan dan pangan serta pengembangan wilayah yang berwawasan bisnis dan lingkungan.”
Dalam pencapaian visi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LP2M UNEJ menetapkan beberapa misi sebagai berikut:
1. Menguatkan IPTEKS yang kreatif, inovatif, bernilai dan relevan dengan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial untuk kesejahteraan masyarakat.
2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta luaran penelitian,terutama diseminasi berupa forum ilmiah, publikasi nasional dan internasional bereputasi, Kekayaan Intelektual dan produk inovasi.
3. Mengembangkan potensi ekonomi rakyat dan meningkatkan pengelolaan sumberdaya alam secara optimal berbasis hasil penelitian sebagai bentuk keramahan sosial Universitas Jember
4. Memperluas jaringan kerjasama penelitian dengan institusi dalam dan luar negeri.